21. 05. 03
Dilihat: 34

 LP 096 IDN 20211LP 096 IDN 2021 REV crop

B2TKE telah melaksanakan pendaftaran reakreditasi dan assessment sertifikat SNI ISO IEC 17025: 2017 pada tanggal 2 hingga 3 November 2020. Beberapa ketidaksesuaian yang diketemukan pada proses assessment tersebut telah berhasil diperbaiki oleh laboratorium B2TKE.  Berdasarkan tindak lanjut hasil rapat Komite Akreditasi Nasional (KAN) tanggal 24 Februari 2021, KAN telah memutuskan untuk memberikan reakreditasi kepada Balai Teknologi Konservasi Energi (B2TKE) BPPT sebagai Laboratorium Penguji dengan nomor akreditasi LP-096-IDN. KAN memberikan hak kepada Balai Besar Teknologi Konversi Energi (B2TKE) BPPT untuk menggunakan logo KAN sesuai dengan yang diatur di dalam KAN U-03 tentang Penggunaan Simbol Akreditasi KAN dan KAN U-01 tentang Syarat dan Aturan Akreditasi Lembaga Penilaian Kesesuaian. Masa akreditasi berlaku 5 (lima) tahun dari tanggal 22 Maret 2021 – 21 Maret 2026

21. 03. 11
Dilihat: 328

Commisioning SPKLU 2

Untuk mewujudkan percepatan era kendaraan listrik, BPPT terus melakukan kliring teknologi dengan membangun Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Kali ini, BPPT bekerjasma dengan PT Pertamina (Persero) melakukan Komisioning Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum Kerjasama Studi Operasional BPPT - PT Pertamina (Persero) yang berlokasi di SPBU Pertamina Lenteng Agung dan SPBU Pertamina MT Haryono, Jakarta (3/03)

Read More: BPPT - PT. Pertamina Lakukan Komisioning Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU)
21. 02. 25
Dilihat: 246

Pelatihan Litkayasa

BPPT melaksanakan pelatihan Jabatan Fungsional Teknisi Litkayasa (JFTL) pada tanggal 16 hingga 24 Februari 2021 yang diikuti oleh 15 Pejabat Fungsional Litkayasa dari B2TKE serta 40 orang dari Biro Umum BPPT. Materi pelatihan antara lain pembinaan karir JFTL, manajemen litbangyasa, butir- butir kegiatan dan angka kredit, inovasi teknologi, teknik penyusunan Laporan, tata cara pengajuan angka kredit, dinamika kelompok dan prosedur K3.

Pelatihan Litkayasa 2Teknisi Litkayasa adalah jabatan fungsional Aparatur Sipil Negara (ASN) pada instansi pemerintah yang diberi tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak secara penuh oleh pejabat yang berwenang untuk melakukan kegiatan pelayanan penelitian dan perekayasaan. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan kompetensi pemangku jabatan  fungsional litkayasa semakin meningkat.

21. 03. 05
Dilihat: 343

 Paparan B2TKE Energi BT 001

Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) tahun 2021 dengan tema “Membangun Ekosistem Teknologi di Berbagai Bidang Fokus Kegiatan di BPPT telah dimulai Kamis 4 Maret 2021. Pada bidang energi, BPPT menekankan dua fokus Program Prioritas Riset Nasional (PRN) yakni Panas bumi sebagai solusi permasalahan ketenagalistrikan serta bahan bakar nabati sebagai alternatif substitusi impor Bahan Bakar Minyak untuk mendukung target Energi Baru dan Terbarukan (EBT) 23% pada tahun 2025. Tidak kalah pentingnya, pada rakernas tersebut juga terdapat pembahasan mengenai  pemanfaatan Pembangkit energi terbarukan lainnya yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Surya. Hadir sebagai penanggap kedua penyaji paparan yaitu Linus Andor Mulana Sijabat (Direktur Strategi Bisnis dan Portofolio PT LEN Industri (Persero), Roni Chandra Harahap (Kepala Subdit Keteknikan dan Lingkungan Panas Bumi, Ditjen EBTKE Kementerian ESDM), Efendi Manurung (Koord. Keteknikan dan Lingkungan Bioenergi, Ditjen EBTKE Kementerian ESDM) serta Kepala PPIMTE-BPPT, Andhika Prastawa sebagai moderator.

Read More: Webinar Bidang Fokus Energi : Akselerasi Hilirisasi Inovasi Teknologi Bidang Energi dalam...
21. 02. 24
Dilihat: 247

ZI Feb Zoom 02 01 01

Dalam rangka Sosialisasi Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), seluruh pegawai B2TKE mengikuti kegiatan secara virtual yang diadakan oleh inspektorat BPPT dengan mendatangkan narasumber dari Badan Pengolahan Obat dan Makanan (BPOM) yang merupakan salah satu lembaga dengan unit kerja WBK dan WBBM terbesar di Indonesia.

Dalam sosialisasi tersebut disampaikan bahwa untuk mencapai WBK dan WBBM, komitmen pimpinan dan seluruh pegawai menjadi salah satu kunci utamanya sehingga dapat menghasilkan kesamaan persepsi saat bekerja. Selain itu diperlukan pelaksanaan pekerjaan dan atau pelayanan dengan berorientasi pada kepuasan pelanggan.

Di hari yang sama, tim ZI B2TKE  tahun 2021 melakukan konsolidasi untuk persiapan assessment WBK 2021. Pada tahun ini, B2TKE kembali ditargetkan untuk memperoleh WBK yang juga menjadi target lembaga (L0)