Laboratorium Pengujian Kualitas Modul Fotovoltaik (LPKMF)

 

Laboratorium LPKMF adalah laboratorium pengujian kualitas modul fotovoltaik yang merujuk pada standar SNI/IEC 61215:2016.  Seri Standar Internasional ini merupakan hasil adopsi identik dari standar internasional IEC 61215:2016 berjudul Modul fotovoltaik terestrial (PV) – Kualifikasi desain dan pengesahan jenis yang terdiri dari dua bagian. Bagian pertama berjudul Persyaratan Pengujian dan bagian kedua berjudul Prosedur Pengujian.

SNI/IEC 61215:2016 menetapkan persyaratan untuk kualifikasi desain dan pengesahan jenis modul PV terestrial yang cocok untuk operasi jangka panjang pada cuaca luar yang terbuka. Bagian standar ini dimaksudkan untuk diterapkan pada semua bahan modul pelat datar terestrial seperti jenis modul silikon kristal serta modul film tipis (thin film). Standar ini tidak berlaku untuk modul yang memakai konsentrator sinar matahari meskipun mungkin dapat digunakan untuk modul konsentrator rendah. Untuk modul konsentrasi rendah, semua pengujian dilakukan dengan menggunakan arus, tegangan dan daya untuk rancangan konsentrator.

Tujuan dari urutan pengujian ini adalah untuk menentukan karakteristik termal dan listrik dari modul surya serta untuk menunjukkan, bahwa modul tersebut mampu menahan terhadap paparan matahari yang cukup lama pada cuaca luar yang terbuka. Umur modul surya yang sangat berkualitas akan tergantung pada desain, lingkungan dan kondisi di mana modul surya dioperasikan.

Ruang lingkup pengujian kualitas PV sesuai SNI 61215 terdiri dari 19 tahap Module Qualification Test (MQT)

tahapan pengujian