Vinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.x

Gaungkan Efisiensi Energi, MASKEEI Gelar Konferensi Energi Internasional Pertamanya

17. 05. 11
Dilihat: 3090

Masyarakat Konservasi dan Efisiensi Energi Indonesia (MASKEEI) menyelenggarakan konferensi internasional membahas upaya energi efisiensi dan konservasi energi. Acara yang bertajuk Indonesia Energy Efficiency and Conservation Conference and Exhibition (IEECCE) ini berlangsung di Jakarta Convention Center pada 9-10 Mei 2017.

IEECCE 2017

Dalam sambutannya Ketua Umum MASKEEI RM Soedjono Respati mengatakan “MASKEEI berjuang agar masyarakat merubah pola pikir tentang pemakaian energi boros menjadi energi hemat”. Prospek Indonesia dalam penghematan energi sangat besar, yaitu dengan menggunakan energi terbarukan, imbuhnya.

Terdapat beberapa sektor ekonomi yang berpengaruh pada pemakaian energi, diantaranya industri manufaktur, transportasi dan rumah tangga. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menegaskan bahwa ada sejumlah sektor ekonomi yang menjadi perhatian. “Yang pasti sektor industri manufaktur, karena mereka salah satu pemakai listrik yang besar. Dengan penggunaan berbagai teknologi yang mereka sanggup lakukan, mereka bisa melakukan penghematan”.

Selanjutnya, Bambang mengungkapkan, pada sektor transportasi, penggunaan moda transportasi umum selain dapat mengurangi kemacetan juga dapat mengurangi konsumsi energi. “Karena setiap kali kita (mengalami) macet, sama dengan melakukan pemborosan energi”, tambahnya.

Sejalan dengan pernyataan Bambang, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan, “Mayoritas pengguna 46% energi sektor transportasi adalah transportasi darat”. Oleh karenanya, Kementerian Perhubungan melakukan peningkatan peran angkutan umum, kinerja lalu lintas dan kualitas lingkungan untuk mengupayakan efisiensi energi pada sektor transportasi darat.

IEECCE 2017 diharapkan dapat memberi masukan-masukan penting kepada Pemerintah, dunia usaha dan masyarakat luas pemakai energi, untuk lebih menggiatkan upaya efisiensi dan konservasi energi dalam rangka mencapai peningkatan produktivitas energi bagi kegiatan ekonomi nasional yang berkelanjutan.

Mendatangkan lebih dari 40 narasumber, IEECCE 2017 membahas peluang dan tantangan dalam melakukan upaya efisiensi dan konservasi energi. Acara ini dihadiri oleh lebih dari 300 peserta dari dalam dan luar negeri, terdiri dari instansi pemerintah, pebisnis, akademisi dan organisasi masyarakat sipil yang berminat untuk mengembangkan upaya-upaya dalam bidang peningkatan efisiensi dan konservasi energi.

Lebih lanjut, MASKEEI berencana menyelenggarakan IEECCE setiap tahun untuk mengikuti perkembangan teknologi, kebijakan dan bisnis terkait upaya efisiensi dan konservasi energi nasional dan global. (umum)