Vinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.x

Kolaborasi dengan AIST Jepang, B2TKE Garap Penelitian Ground Source Heat Pump di Gedung Klaster Energi

17. 04. 26
Dilihat: 1694

Sebagai implementasi kerjasama antara Balai Besar Teknologi Konversi Energi (B2TKE)-BPPT dengan The National Institute of Advanced Industrial Science and Technology (AIST) Jepang, selasa (25/4) bertempat di Ruang Rapat Kepala B2TKE dilakukan rapat koordinasi terkait rencana pemasangan Ground Source Heat Pump (GSHP).

GSHP sendiri merupakan sistem pendinginan atau pemanas sentral yang memindahkan panas ke tanah. Desain ini mengambil keuntungan dari suhu moderat di lapangan untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya operasional sistem pemanas dan pendinginan, dan dapat dikombinasikan dengan pemanasan matahari untuk membentuk sistem geosolar dengan efisiensi yang lebih besar.

Rapat koordinasi yang dihadiri oleh tim B2TKE, delegasi AIST, Institut Teknologi Bandung (ITB) serta Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) tersebut membahas rencana penelitian bersama tentang GSHP sebagai pendingin ruangan yang akan dipasang di ruang R.2003 Gedung Klaster Energi. Bulan Juli mendatang, pihak AIST akan melakukan pengeboran sumber air pada dua titik di sebelah ruang R.2003.

Pada kesempatan tersebut, dibahas juga ruang lingkup kerjasama yang akan dituangkan dalam dokumen Perjanjian Kerjasama antara B2TKE dengan AIST sebagai perpanjangan dari dokumen kerjasama sebelumnya. (pltp)

Lokasi Pengeboran