Vinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.x

B2TKE Rekomendasikan Hasil Audit Energi Sistem Steam

17. 02. 23
Dilihat: 2585

Balai Besar Teknologi Konversi Energi (B2TKE) telah memberikan layanan Jasa Audit Energi di PT Dover Chemical, Cilegon dengan tujuan untuk melakukan identifikasi potensi penghematan energi serta mengoptimalkan kinerja energi, terutama pada sistem steam. PT Dover Chemical berlokasi di Merak, Banten, Indonesia adalah perusahaan PMA kimia Indonesia dibawah DOVECHEM GROUP yang berdiri sejak tahun 1980. PT. Dover Chemical merupakan industri petrokimia yang begerak di bidang distribusi, manufaktur, terminal dan logistik di kawasan Asia Pasifik serta memproduksi Formalin dan Resin Formalin (UF, MF, PF, PUF).

IMG-20170222-WA0005.jpg

Audit energi yang dilakukan oleh Tim Audit Energi B2TKE dibawah koordinasi Kepala Bidang Konversi Energi B2TKE, Dr. Hariyanto ini telah diselesaikan dalam waktu empat minggu, dimana proses pengumpulan data primer dan sekunder dilapangan dilakukan selama enam hari. Pada pekerjaan audit energi ini dilakukan pengukuran dan pengamatan produksi dan penggunaan steam di plant dan mencari alternatif pemanfaatan steam tersebut untuk lebih mengefisiensikan produksi dan konsumsi steam. Lingkup audit yang dilakukan meliputi sistem steam pada plant formaldehyde #1 dan plant formaldehyde #2. Hasil identifikasi potensi penghematan energi dan rekomendasi optimalisasi penggunaan energi berupa laporan audit energi termasuk perhitungan tekno-ekonomi.

Pada paparan Laporan Akhir pada tanggal 23 Februari 2017 di PT Dover Chemical telah disampaikan hasil Audit Energi dengan rekomendasi yang dapat diterapkan untuk lebih mengoptimalkan steam yaitu pemanfaatan kelebihan (excess) steam melalui pemanfaatan kembali kondensat steam untuk umpan boiler dari resin plant dan emulsion plant dan pemanfaatan untuk pengolahan air laut (desalination) dengan thermal proses (MED atau MSF). Alternatif lainnya adalah desain sistem kogenerasi berbasis gas engine untuk suplai listrik di plant serta panas buang yang dihasilkan dapat digunakan untuk menghasilkan steam untuk desalinasi air laut.(layanan)