Vinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.x

B2TKE Lakukan Desk Evaluasi Pembangunan Zona Integritas

20. 11. 06
Dilihat: 381

Desk Evaluasi ZISetelah melalui tahap pra evaluasi bersama Tim Penilai Internal dari Inspektorat BPPT dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) pada 2 November 2020 lalu, Jumat (06/11) Balai Besar Teknologi Konversi Energi (B2TKE) lakukan Desk Evaluasi Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). Evaluasi dari tim KemenPANRB dilakukan terhadap tiga unit kerja dari BPPT, yakni B2TKE, Balai Bioteknologi (Biotek) dan Balai Teknologi Hidrodinamika (BTH).

Diikuti oleh Kepala B2TKE dan Tim Pembangunan Zona Integritas B2TKE bersama dua orang tim evaluator dari KemenPANRB, Endy Christian Mahardika dan Muhammad Haris Ananta  B2TKE mendapat kesempatan pertama dalam agenda Desk Evaluasi tersebut. 

"Ini kesempatan pertama kali bagi B2TKE menghadapi Desk Evaluasi untuk mendapat predikat WBK, tapi kami yakin dapat melaluinya dengan baik, karena sudah dipersiapkan sejak tahun 2019", ungkap Kepala B2TKE, Barman Tambunan pada awal paparannya.

Paparan Desk Evaluasi ZILebih lanjut, Barman memaparkan hasil kegiatan pembangunan Zona Integritas di B2TKE yang juga mendukung tercapainya target kinerja yang ditetapkan untuk dipenuhi oleh B2TKE pada tahun 2020 ini. Dalam waktu 40 menit, paparan difokuskan terhadap enam komponen pengungkit dan dua komponen hasil yang dilakukan oleh B2TKE di bawah koordinasi tim pembangunan, kinerja B2TKE dalam masa pandemi dan Wow-Factor yang dilakukan sebagai inovasi dari B2TKE untuk mendukung terwujudnya Zona Integritas menuju WBK dalam pelaksanaan kegiatan inovasi dan pemberian layanan teknologi kepada masyarakat.

Tim evaluator menyoroti kegiatan yang dilakukan oleh Agen Perubahan, diantaranya program Senior Mengajar yang merupakan upaya untuk menjembatani gap keilmuan antara Pegawai Senior dan Junior. Barman menegaskan, "Dengan adanya Senior Mengajar ini, knowledge yang dimiliki oleh Senior, diharapkan tidak terputus ketika mereka memasuki masa pensiun. Hal ini juga yang memacu peningkatan kinerja di B2TKE".

Selain program Senior Mengajar, kinerja Pegawai juga dimotivasi melalui apresiasi terhadap Pegawai Terbaik yang dilakukan evaluasi secara periodik setiap bulannya. Agen Perubahan juga melakukan public campaign kegiatan pembangunan Zona Integritas melalui berbagai media dan kegiatan.

Selain target mendapatkan predikat WBK, integritas dan kualitas kinerja tentunya tetap menjadi fokus utama yang harus dilakukan oleh B2TKE secara menyeluruh, dengan mengusung pelaksanaan kegiatan inovasi dan pemberian layanan teknologi kepada masyarakat yang bebas dari korupsi dan gratifikasi.