Vinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.x

B2TKE Mantapkan Langkah Menuju WBK

20. 07. 23
Dilihat: 25

Evaluasi TPI ZI B2TKESalah satu target kinerja Balai Besar Teknologi Konversi Energi (B2TKE) - BPPT di tahun 2020 adalah mewujudkan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Indikator utama yang perlu dicapai adalah terwujudnya tata kelola pemerintahan yang bersih dan bebas dari KKN serta peningkatan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat.

"Kami (manajemen dan staf B2TKE) bertekad kuat menjadi WBK, dan tidak pernah bosan mengingatkan untuk mencapai target ini kepada seluruh pegawai B2TKE. Diulang terus dalam setiap kesempatan Ngobras (ngobrol bareng santai) bersama seluruh pegawai B2TKE", ujar Kepala B2TKE MM Sarinanto saat menerima kunjungan Tim Asistensi Pembangunan ZI dari Inspektorat BPPT (23/7).

Kunjungan tersebut dilakukan sebagai tahap monitoring dan evaluasi, serta improvisasi pembangunan ZI di B2TKE. Bertempat di Ruang Serbaguna B2TKE, dengan tetap menjalankan protokol COVID-19 kunjungan tersebut juga diikuti secara daring oleh Manajemen B2TKE dan Tim Pembangunan ZI melalui Zoom Meeting.

Auditor Utama Inspektorat BPPT Burhanuddin Guntur dalam paparannya menegaskan bahwa mewujudkan WBK dan WBBM pada seluruh satker di BPPT merupakan salah satu dari tujuh perintah harian Kepala BPPT. Komitmen pimpinan dan seluruh pegawai berperan penting dalam mewujudkan ZI ini. "Jangan one-man show, lakukan bersama-sama dengan seluruh pegawai", tegasnya.

Status B2TKE saat ini telah melalui penilaian oleh Tim Penilai Internal dari Inspektorat BPPT, dengan nilai di atas 75 sebagai passing grade untuk bisa mengikuti tahap verifikasi yang akan dilakukan oleh Tim Penilai dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. "Dari 11 satker yang dinilai, 5 lolos self assessment Inspektorat. Kita (BPPT) mengajukan empat untuk WBK dan satu untuk WBBM", ujar Burhan.

Lebih lanjut, Tim Inspektorat juga menyampaikan success story dari satker lain di BPPT yang telah menyandang predikat WBK, serta kiat-kiat improvisasi untuk dilakukan oleh B2TKE.

Mengantongi nilai melampaui passing grade dari Tim Inspektorat menjadi satu langkah maju bagi B2TKE, setelah sempat nyaris lolos dengan nilai 73,95 pada tahun sebelumnya. Berbagai kegiatan sosialisasi dan langkah kerja dilakukan oleh Tim Pembangunan ZI B2TKE, serta melibatkan partisipasi aktif dari seluruh pegawai B2TKE dalam kegiatan pembangunan. Menyandang predikat WBK tentunya sebuah target besar dan prestasi yang membanggakan, namun misi utama yang tidak boleh dilupakan dan prinsip yang harus dipegang teguh adalah mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bebas dari korupsi dan meningkatkan kualitas layanan bagi masyarakat pengguna.