Vinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.x

B2TKE Gandeng Tim Damkar PUSPIPTEK Simulasikan Penanganan Kebakaran

20. 03. 11
Dilihat: 152

K3

Alarm berdering, Pegawai Balai Besar Teknologi Konversi Energi (B2TKE).B2TKE berlarian menuju Muster Point, Tim B2TKE bersama Tim Pemadam Kebakaran (Damkar) PUSPIPTEK berjibaku memadamkan api yang menjalar di halaman gedung 620.

Itu adalah suasana simulasi memadamkan kebakaran saat pelatihan Keselamatan dan Keamanan Kerja (K3) bertajuk Tumbuhkan Safety Awareness untuk Menurunkan Resiko Kecelakaan Kerja yang diadakan oleh B2TKE pada Rabu (11/3).

K3 menjadi prioritas utama bagi pengelola gedung, termasuk B2TKE. Bertempat di Ruang Serba Guna Gedung 620, B2TKE menggelar pelatihan K3 yang dihadiri oleh 40 pegawai terdiri dari Manajemen B2TKE, Petugas K3 B2TKE, perwakilan bidang/bagian serta perwakilan dari laboratorium-laboratorium di lingkungan B2TKE.

K3_2Pelatihan K3 edisi Maret 2020 ini difokuskan terhadap pemadam kebakaran untuk gedung dan bangunan. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan peserta mampu menilai tingkat resiko dan meminimalisir kerugian yang timbul bila terjadi kebakaran, merancang sistem proteksi kebakaran di B2TKE serta mengevaluasi konsep sistem proteksi kebakaran.

Ada beberapa hal yang dipelajari dalam pelatihan K3 ini antara lain teori dan anatomi api, sistem proteksi kebakaran, manajemen keselamatan kebakaran, prosedur darurat kebakaran serta praktek pemadam kebakaran dengan pemadam api portable dan hydrant.

Safety first adalah motto kita dalam bekerja, jadi masalah K3 jelas menjadi yang pertama dalam kita bekerja. Dengan pelatihan ini, kita yang disini diharapkan sadar akan pentingnya keselamatan dalam bekerja. Setelah ini, mari kita tularkan safety awareness tersebut ke lingkungan kita”, kata Kepala Bagian Umum B2TKE, WInarni dalam sambutan pelatihan K3 tersebut.

“Setelah pelatihan K3 edisi Maret 2020 yang fokus ke pemadaman kebakaran, kita akan susul dengan pelatihan K3 umum serta K3 untuk ketinggian di lain waktu” lanjutnya.