Vinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.x

Targetkan DED PLTP 5 MW, B2TKE Asah Kemampuan Desain melalui Pelatihan AutoCAD

20. 03. 09
Dilihat: 171

Pelatihan AutoCad_2Balai Besar Teknologi Konversi Energi (B2TKE) mempunyai target untuk menghasilkan Detailed Engineering Design (DED) Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Condensing Turbine (CT) kapasitas 5 Mega Watt (MW).

Sebagai langkah awal, pada tanggal 9-10 Maret 2020 bertempat di Green Building B2TKE dilakukan pelatihan AutoCAD yang diikuti Perekayasa Pertama dan Perekayasa Muda B2TKE.

AutoCAD adalah suatu aplikasi desain dibantu komputer (Computer Aided Design/CAD) yang digunakan untuk mendesain  atau penyusunan model dalam bentuk 2 Dimensi dan 3 Dimensi.

Kepala Balai Besar Teknologi Konversi Energi (B2TKE), Mohammad Mustafa Sarinanto menyampaikan bahwa pelatihan ini diadakan untuk me-refresh kemampuan desain para perekayasa di lingkungan B2TKE. “Pelatihan AutoCAD ini diadakan agar para perekayasa mengingat kembali cara-cara menggambar dengan software AutoCAD baik 2D maupun 3D. Hal ini dilakukan untuk memuluskan salah satu Indikator Kinerja B2TKE di tahun 2020 yaitu DED PLTP 5 MW” kata Sarinanto di sambutan pelatihan yang berjalan dua hari tersebut.

Pada pelatihan AutoCAD edisi Maret 2020 ini lebih difokuskan pada bidang mechanical engineering design.  Peserta dilatih untuk mendesain, analisa desain, simulasi desain, evaluasi desain hingga modifikasi desain komponen mekanikal PLTP.  Dengan pelatihan ini, diharapkan bisa dilakukan akselerasi desain PLTP 5 MW untuk dapat diterapkan pada tahun.