Vinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.x

Tingkatkan Kompetensi Teknisi Litkayasa, B2TKE Gelar Bimtek Litkayasa

20. 03. 09
Dilihat: 533

Bimtek LitkayasaSerpong (9/3) bertempat di Ruang Rapat B2TKE, diadakan Bimbingan Teknis yang dihadiri oleh seluruh pemangku jabatan fungsional Teknisi Litkayasa di lingkungan B2TKE.

Pelatihan yang berlangsung sehari ini diadakan untuk peningkatan kompetensi para Teknisi Litkayasa B2TKE serta memberikan strategi kepada para Teknisi litkayasa dalam memperoleh angka kredit yang optimal. “Pelatihan litkayasa kali ini dilakukan agar para pemangku jabatan litkayasa tahu bagaimana cara memperoleh angka kredit litkayasa secara optimal. Kami tahu Bapak dan Ibu di sini sudah bekerja secara maksimal sesuai dengan tupoksi masing-masing, namun bila tidak dilengkapi dengan laporan yang sesuai dengan butir-butir yang ada di petunjuk teknis litkayasa, maka angka kreditnya tidak akan optimal. Oleh sebab itu, kami datangkan salah satu penilai litkayasa sebagai narasumber agar hadirin semua bisa optimalkan itu”, kata Kepala B2TKE, Mohammad Mustafa Sarinanto saat membuka pelatihan.

Mengacu pada Keputusan Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi Nomor 147/Kp/BPPT/VI/2007 tanggal 23 Mei 2007 tentang Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Teknisi Penelitian dan Perekayasaan (Litkayasa) dan Angka Kreditnya menjelaskan bahwa Teknisi Litkayasa adalah PNS pada instansi pemerintah yang diberi tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak secara penuh oleh pejabat yang berwenang untuk melakukan kegiatan pelayanan penelitian dan perekayasaan pada instansi pemerintah.

Teknisi litkayasa ini mempunyai peranan penting dalam mendukung suksesnya kegiatan inovasi dan layanan teknologi di Balai Besar Teknologi Konversi Energi (B2TKE). "Salah satu kode etik Teknisi Litkayasa adalah menjadi mitra Peneliti dan Perekayasa dalam menjalankan kegiatan kerekayasaaan dan kaji terap teknologi", ungkap Dian Khairiani, salah satu Teknisi Litkayasa Mahir pada sharing session yang merupakan sesi pertama pelatihan tersebut. 

Pada sesi selanjutnya dipaparkan tentang teknis penyusunan laporan dan strategi pengumpulan Angka Kredit sesuai petunjuk teknis oleh Nuraida Tarigan, Teknisi Litkayasa Penyelia yang juga merangkap sebagai Tim Penilai Teknisi Litkayasa . Selanjutnya, Nuraida memberikan kesempatan untuk pendampingan rekan Teknisi Litkayasa yang baru bergabung, khususnya dalam teknis penyusunan laporan.