Vinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.x

BPPT Gandeng PT. LEN, Hadirkan Inovasi Charging Station Kendaraan Listrik di Kota Bandung

19. 12. 23
Dilihat: 354

SPKLU Len
Bandung (23/12), BPPT terus mendorong pemanfaatan energi bersih di berbagai sektor. Salah satunya dengan melakukan percepatan program Kendaraan Bermotor Listrik (KBL). Hal ini dikuatkan dengan terbitnya Perpres No. 55 Tahun 2019 pada 12 Agustus 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai.

Untuk mewujudkan percepatan era kendaraan listrik itupun, BPPT terus melakukan kliring teknologi dengan membangun inovasi fast charging station kendaraan listrik. Atau disebut dengan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), yang menjadi infrastruktur penting, guna memfasilitasi  kendaraan listrik dalam mengisi daya.

Dikatakan Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza, saat ini BPPT menggandeng industri dalam negeri, yakni PT LEN Industri (Persero) untuk meningkatkan nilai Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) inovasi SPKLU.

SPKLU Len2
"BPPT saat ini sedang melakukan berbagai kajian dan perhitungan tekno ekonomi. Hasil kajian tersebut akan disusun dalam sebuah rekomendasi yang diharapkan dapat memberikan landasan bagi penerapan teknologi KBL dan mampu memberikan kesempatan bagi Indonesia untuk membangun kemandirian dan daya saing industri dalam negeri," kata Hammam saat meresmikan pengoperasian SPKLU yang ditempatkan di pelataran parkir kantor PT. Len Industri (Persero), Bandung, Jawa Barat, Senin, (23/12/2019).

Pengembangan infrastruktur SPKLU lanjut Hammam, memerlukan komitmen dan dukungan seluruh pemangku kepentingan, agar tercipta ekosistem KBL yang kondusif. "Komitmen dan sinergi antar pihak akan sangat krusial pada fase awal pembangunan  ekosistem KBL yang kondusif. Yaitu hingga mencapai nilai keekonomian perbandingan antara ketersedian jumlah KBL dengan jumlah SPKLU," papar Hammam.

Disebutkannya, bahwa peran BPPT dalam bisnis SPKLU terbagi dua, yakni pada bagian hulu untuk melakukan kliring teknologi dan transfer teknologi yang akan mendukung penetapan standardisasi teknologi pada SPKLU (bekerja sama dengan BSN) serta mendorong keterlibatan industri dalam negeri melalui TKDN (bekerjasama dengan PT Len Industri). 

Dibagian hilir, lanjut Hammam, BPPT juga melakukan pengkajian dan penerapan  pilot project SPKLU serta  pengujian dan audit teknologi berbagai tipe SPKLU baik fast charger maupun ultra-fast charger.

"Dalam waktu yang tidak lama lagi diharapkan dapat diperoleh Standar Jasa Layanan SPKLU yang handal dan berkualitas, sehingga Indonesia akan semakin siap menghadapi era kendaaran listrik ini," pungkasnya. 

Sementara, Direktur Operasional 2 PT LEN Adi Sufiadi Yusuf menyampaikan pihaknya mempunyai tugas untuk mengembangkan dan meningkatkan TKDN dalam SPKLU ini. Kedepan kata Adi, sepenuhnya bisa diproduksi di dalam negeri dan PT LEN dapat berperan dalam pengembangannya. 

"Kendaraan listrik akan mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Potensi yg ingin dikembangkan oleh PT LEN  yakni sistem pembayarannya. Kedepan pengisiannya ini dapat menggunakan kartu apa pun dan ini akan segera diintegrasikan. Itulah yang mendorong kami dalam pengisian kendaraan listrik ini," terang Adi.

Perlu diketahui, pemilihan lokasi SPKLU di PT Len Industri (Persero) Bandung antara lain mempertimbangkan rencana kolaborasi dengan industri-industri lokal untuk meningkatkan kandungan TKDN serta sebagai bentuk kliring teknologi pola penggunaan KBL jarak jauh (dari Jakarta ke luar kota). 

Fitur SPKLU yang terpasang adalah fast charging station yang dapat digunakan untuk pada plug in DC Chademo (50kW), DC CCS 2 (50 kW) dan AC type 2 (43kW). Sebagai informasi, dalam acara peresmian ini juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman Pemanfaatan Fasilitas SPKLU BPPT antara BPPT dengan PT Blue Bird Tbk dan BPPT dengan PT Grab Indonesia. (Humas/HMP)

 

Sumber:

https://bppt.go.id/layanan-informasi-publik/3808-bppt-gandeng-pt-len-hadirkan-inovasi-charging-station-kendaraan-listrik-di-kota-bandung

Baca Juga:

https://jateng.antaranews.com/amp/berita/281920/isi-daya-cepat-milik-bppt-untuk-mobil-listrik-diresmikan

https://www.google.com/amp/s/m.republika.co.id/amp/q2ykwo368

https://www.google.com/amp/s/bisnis.tempo.co/amp/1287004/pt-len-siap-produksi-stasiun-charging-kendaraan-listrik

http://transportasi.co/bppt_dan_len_resmi_luncurkan_spklu_di_bandung_3252.htm

https://today.line.me/id/pc/article/BPPT+resmikan+stasiun+fast+charging+ke+3+untuk+kendaraan+listrik-yrOgOy

https://today.line.me/id/pc/article/PT+Len+Siap+Produksi+Stasiun+Charging+Kendaraan+Listrik-wOXOOl

https://jabarprov.go.id/index.php/news/35796/2019/12/23/BPPT-Resmikan-Pengisian-Listrik-untuk-Mobil-di-Bandung