Vinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.x

Menuju Ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik, BPPT Sosialisasikan SPKL

19. 11. 26
Dilihat: 281

WS Model Bisnis SPKLUSejalan dengan program percepatan kendaraan listrik nasional dan telah diterbitkannya Peraturan Presiden No.55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk transportasi jalan, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi melalui Balai Besar Teknologi Konversi Energi (B2TKE) gelar Workshop Model Bisnis Sistem Pengisian Kendaraan Listrik dengan tema Menuju Ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Yang Kondusif, Jakarta (25/11).

Workshop tersebut bertujuan untuk mendapatkan konsep model bisnis yang matang dan merangkum berbagai aspek dan sudut pandang berbagai pihak terkait. Adapun sasaran dari workshop ini adalah untuk mensosialisasikan gagasan dan konsep BPPT tentang Model Bisnis Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik (SPKL), guna menjadi bahan rekomendasi berbagai kalangan.

Selain itu juga guna mendapatkan masukan dan pemikiran strategis yang relevan untuk menjadi basis rancangan alternatif model bisnis SPKL, dan melakukan benchmarking berbagai kemungkinan situasi penerapan SPKL.

Kepala B2TKE, Mohammad Mustofa Sarinanto menyampaikan, kendaraan bermotor listrik merupakan salah satu tren transportasi terkini yang mengubah gaya hidup kita. Setelah menunggu sekian lama sejak awal pembahasannya, kita sama-sama telah mengetahui bahwa pada 8 Agustus 2019 lalu telah diterbitkan Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai.

BPPT sendiri kata Sarinanto turut memberikan andil dalam memberikan edukasi maupun sosialisasi untuk  memperdalam pemahaman masyarakat Indonesia terhadap Kendaraan Bermotor Listrik (KBL) yang merupakan salah satu contoh disruptive technology terbaru, yang dikemas dalam sebuah event besar Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019.

Indonesia memiliki kondisi yang berbeda-beda meskipun berbagai contoh penerapan KBL yang telah dilakukan di berbagai negara dapat menjadi referensi, namun berbagai situasi khas Indonesia, jelas Sarinanto

Dia mencontohkan seperti masih banyaknya yang tinggal di rumah tapak yang memungkinkan untuk pengisian KBL di rumah sendiri, maupun maraknya penggunaan roda dua menjadi hal yang berpotensi membuat situasi penerapan KBL dan model bisnisnya menjadi berbeda dari negara lain.

Diharapkan dengan adanya Workshop ini dapat dimanfaatkan untuk berbagi pemikiran maupun bertukar ide, sehingga penerapan KBL dan infrastruktur pendukunganya dapat terselenggara secara tepat dan memberikan dampak signifikan bagi pengungkit ekonomi Indonesia

Sebagai Informasi, acara tersebut juga dihadiri beberapa perusahaan terkait KBL antara lain perusahaan pengembang perangkat SPKLU (PT. PLN dan PT. Len Industri), Perusahaan penyedia transportasi umum (Gojek, Grab, Bluebird dan Transjakarta), BUMN penyedia SPKLU (PT. Pos Indonesia, PT. Jasamarga, PT. Pertamina, PT. Angkasa Pura), Badan Usaha - Private Sector penyedia SPKLU (PT. Jaya Ancol, BCA, Lippo Mall), Produsen KBL (Nissan, BMW, DFSK, Mitsubishi, Hyundai, Tesla, MAB dan GESITS), Fintech (Gopay dan DANA), Lembaga Pemerintah (Kemenkomar, Kemenperin, Kemenristek) serta Produsen Baterai (UNS, Pertamina), Layanan & Apps (Elnusa). (Humas/HMP)

 

Sumber: https://bppt.go.id/teknologi-informasi-energi-dan-material/3774-menuju-ekosistem-kendaraan-bermotor-listrik-bppt-sosialisasikan-spkl

 

Baca juga:

https://www.antaranews.com/berita/1180975/kemudahan-pengisian-dibutuhkan-pengguna-kendaraan-listrik-sebut-bppt

http://transportasi.co/bangun_ekosistem_kbl_bppt_gelar_workshop_bisnis_spklu_3176.htm

http://listrikindonesia.com/pln_tawarkan_dua_model_bisnis_spklu_4740.htm

http://www.biskom.web.id/2019/11/26/pengisian-mobil-listrik-bppt-masih-kaji-model-bisnis.bwi

http://technology-indonesia.com/transportasi/bppt-kaji-model-bisnis-sistem-pengisian-kendaraan-listrik/

https://www.facebook.com/1677532142549491/posts/2203268346642532/?app=fbl

http://www.listrikindonesia.com/bppt_gelar_workshop_model_bisnis_spkl_4737.htm

http://rri.co.id/post/berita/750600/teknologi/bppt_terus_kembangkan_teknologi_pengisian_kendaraan_berbasis_listrik.html