Vinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.x

Ditjen EBTKE Kaji Ulang Kelengkapan Laboratorium Uji Kesesuaian Lampu Hemat Energi di B2TKE

18. 06. 29
Dilihat: 653

LPKMenindaklanjuti masa berlaku Surat Keputusan (SK) Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) tentang Penunjukan Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK) dalam rangka pembubuhan label tanda hemat energi untuk lampu swabalast yang akan berakhir September mendatang, Direktorat Jenderal (Ditjen) EBTKE lakukan kaji ulang terhadap kelengkapan masing-masing LPK.

Jumat (29/6), perwakilan dari Ditjen EBTKE lakukan kunjungan ke Laboratorium Pengujian Peralatan Listrik Rumah Tangga (PERMATA) di Balai Besar Teknologi Konversi Energi (B2TKE). Selain peninjauan terhadap fasilitas uji yang dimiliki oleh laboratorium, verifikasi juga dilakukan terhadap beberapa data administratif yang dimiliki.

Penunjukan LPK tersebut dilakukan untuk mendukung pelaksanaan Peraturan Menteri ESDM Nomor 18 Tahun 2014 tentang Pembubuhan Label Tanda Hemat Energi untuk Lampu Swabalast.

Terdapat lima LPK yang ditunjuk oleh Ditjen EBTKE dalam SK Nomor 614 K/05/DJE/2015 yang ditetapkan pada 14 September 2015 lalu, yakni:

  1. Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Ketenagalistrikan dan Energi Baru Terbarukan (P3TKEBT), Kementerian ESDM
  2. Balai Besar Bahan dan Barang Teknik (B4T), Kementerian Perindustrian
  3. Balai Besar Teknologi Energi (B2TE), BPPT
  4. Balai Riset dan Standardisasi Industri Surabaya, Kementerian Perindustrian
  5. PT. Sucofindo

Selain melakukan pengujian lampu swabalast, B2TKE melalui Laboratorium PERMATA juga melakukan uji efikasi lampu DC sesuai dengan standar SNI 04-6393-2000 Butir 7.10 dan pengujian lampu jalan LED sesuai dengan modifikasi standar SNI IEC 62612:2016. (layanan)